Beranda | Artikel
Kabar Gembira Tentang Kelahiran Nabi Isa
Selasa, 29 Maret 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi

Tafsir Ali Imran Ayat 46 – Kabar Gembira Tentang Kelahiran Nabi Isa adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Ayat-Ayat Ahkam. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Kamis, 21 Sya’ban 1443 H / 24 Maret 2022 M.

Tafsir Ali Imran Ayat 46 – Kabar Gembira Tentang Kelahiran Nabi Isa

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَيُكَلِّمُ النَّاسَ فِي الْمَهْدِ وَكَهْلًا وَمِنَ الصَّالِحِينَ ‎﴿٤٦﴾‏ قَالَتْ رَبِّ أَنَّىٰ يَكُونُ لِي وَلَدٌ وَلَمْ يَمْسَسْنِي بَشَرٌ ۖ قَالَ كَذَٰلِكِ اللَّهُ يَخْلُقُ مَا يَشَاءُ ۚ إِذَا قَضَىٰ أَمْرًا فَإِنَّمَا يَقُولُ لَهُ كُن فَيَكُونُ ‎﴿٤٧﴾

“‘Dan dia (Isa) bisa berbicara kepada manusia sewaktu dalam buaian dan ketika sudah dewasa dan dia termasuk orang-orang yang shalih.’ Maryam berkata: ‘Wahai Rabbku, bagaimana aku bisa mendapatkan anak, sedangkan aku belum pernah disentuh oleh seorang laki-laki pun.’ Kemudian Allah berfirman: ‘Demikianlah Allah mencipta apa yang Allah kehendaki. Apabila Allah Subhanahu wa Ta’ala menentukan suatu perkara, maka sesungguhnya Allah hanya berkata kepada ia: ‘Jadilah’, maka perkara itu pun jadi.” (QS. Ali Imran[3]: 46-47)

Nabi Isa ‘Alaihish Shalatu was Salam ketika kecil diberikan kemukjizatan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala bisa berbicara.

Ketika Maryam membahwa putranya, manusia waktu itu berkata: “Wahai Maryam, engkau telah mendatangkan sesuatu yang mungkar.” Orang-orang menyangkan bahwa Maryam telah melakukan perbuatan yang tidak senonoh. sehingga lahir seorang anak tanpa ada suami.

Mereka berkata: “Wahai saudara Harun, bapakmu itu bukan orang memiliki perangai yang jelek, dan ibumu bukan pezina.” Mereka menuduh Maryam berbuat zina dengan berkata demikian.

Kemudian Maryam mengisyaratkan kepada Isa yang waktu itu masih bayi. Mereka berkata: “Bagaimana kita mengajak bicara dengan bayi yang masih dalam buaian?”

Kemudian Subhanallah..

قَالَ إِنِّي عَبْدُ اللَّهِ آتَانِيَ الْكِتَابَ وَجَعَلَنِي نَبِيًّا ‎﴿٣٠﴾‏ وَجَعَلَنِي مُبَارَكًا أَيْنَ مَا كُنتُ وَأَوْصَانِي بِالصَّلَاةِ وَالزَّكَاةِ مَا دُمْتُ حَيًّا ‎﴿٣١﴾‏

“Isa berkata: ‘Aku adalah hamba Allah, aku dianugerahkan oleh Allah Al-Kitab, dan aku dijadikan sebagai Nabi. Dan Allah menjadikan aku berkah dimanapun aku berada, dan Allah wasiatkan aku untuk shalat dan menunaikan zakat selama hidup.” (QS. Maryam[19]: 31)

Bayi tapi bisa berbicara seperti orang dewasa. Ini merupakan tanda-tanda kebesaran Allah Subhanahu wa Ta’ala yang sangat besar. Ini juga merupakan karunia yang Allah berikan kepada Isa dan ibunya, yaitu Maryam Alaihima Assalam.

Bagaimana pembahasan lengkapnya? Mari Download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian Tafsir Ali Imran Ayat 46 – Kabar Gembira Tentang Kelahiran Nabi Isa


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/51584-kabar-gembira-tentang-kelahiran-nabi-isa/